Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 2 (2023): Juli

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMIC LITERASI MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV UPT SD NEGERI 35 TEKOLABBUA

Faris Eka Surya Dinata (Universitas Negeri Makassar)
Latri Latri (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Siti Raihan (PGSD Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media e-comic literasi matematika sebagai media pembelajaran pada siswa sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media e-comic literasi matematika sebagai media pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and delevopment (R & D) dengan desain penelitian menggunakan model Allesi Throlip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon/tanggapan guru dan siswa serta teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama penelitian ini menghasilkan produk berupa media e-comic literasi matematika materi bangun datar siswa kelas IV SD. Kedua, hasil penelitian kelayakan media secara keseluruhan sesuai kriteria skala penilaian kualifikasi produk yaitu pada validasi ahli materi memperoleh kriteria sangat valid. Validasi ahli media memperoleh kriteria sangat valid. Hasil tanggapan/respon guru memperoleh kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil tanggapan/respon siswa setelah dilakukan uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar memperoleh masing-masing nilai dengan kriteria sangat valid. Dengan adanya penelitian ini, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media e-comic literasi matematika yang lebih menarik bagi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...