Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 2, No 3 (2022): November

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas II SDN Tegaron 02

Baharudin Yusuf Adinova (SD Negeri Tegaron 02)
Satriani Satriani (Universitas Negeri Makassar)
Reni Astuty Latif (UPT SD Inpres Hartaco Indah)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Untuk menghadapi pembelajaran abad 21 seorang pendidik dituntut untuk mampu menghadapi suatu perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Problem Based Learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan disemua jenjang pendidikan sesuai dengan usia peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SD Negeri Tegaron 02. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Tegaron 02 pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 16 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 51 dan nilai tertinggi 85 dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 68. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 68 dan nilai tertinggi 92 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 56,25% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci  Problem Based Learning; Hasil Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...