Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 3, No 3 (2023): November

Meningkatkan Hasil Belajar Tematik melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning di SD

Nurmita Janna (Universitas Negeri Makassar)
Erma Suryani Sahabuddin (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Idris Idris (UPT SD Inpres 6/86 Biru)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran masih menggunakan metode konvensional sehingga siswa tidak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan desain moldel Kurl Lewin yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa di SD Inpres 6/86 Biru. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus dengan melibatkan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes tertulis dalam bentuk evaluasi diakhir pembelajaran dengan analisis data secara kuantitatif melalui perhitungan nilai rerata dan persentase hasil belajar tematik siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa dari sebelum diberikan tindakan dan setelah diberikan tindakan. Penelitian ini, mengungkapkan bahwa penerapan model pembelajaran hendaknya menyesuaikan dengan perkembangan zaman, karakteristik siswa dan materi yang akan diajarkan sehingga tercipta pembelajaran bermakna yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...