Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2024): Maret

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD

Ayu Amalia Rhamdani (Universitas Negeri Makassar)
Bastiana Bastiana (Universitas Negeri Makassar)
Ismail Ismail (SDN Centre Mangalli)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Mengatasi rendahnya hasil belajar dapat dilakukan dengan menerapkan model  pembelajaran yang tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi pengamatan dan tes. Teknik analisis  data menggunakan perhitungan persentase. Hasil yang diperoleh pada siklus I di penelitian ini yaitu 67,7% yang mengindikasikan adanya permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran, guru belum secara maksimal menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam proses pembelajaran sehingga siswa masih merasa asing dengan penerapan model tersebut dan memperoleh hasil belajar dibawah KKTP atau <68 sehingga disimpulkan perlu dilanjutkan ke siklus II. Pada pelaksanaan siklus II guru sudah mampu memaksimalkan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dalam proses pembelajaran sehingga mampu membangkitkan semangat siswa dan membuat siswa terlibat aktif dalam diskusi maupun belajar mandiri. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 87,1% dan dapat disimpulkan bahwa penerepan model Make A Match dapat meningkatkan hasil belaja Matematika siswa kelas V di SDN Centre Mangalli

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...