Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui melalui penggunaan media audio visual dengan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas III UPT SPF SDI BUTTATIANANG MAKASSAR. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang berjumlah 12 orang. Metode serta pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tanya jawab, demontrasi, diskusi dan penugasan. Sedangkan pendekatan yaitu melalui pendekatan saintifik sesuai amanat kurikulum 2013 (meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba mengasosiasikan/ mengolah informasi dan mengkomunikasikan) dan TPACK. Adapun dalam teknik pengumppulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dari akhir siklus I dan tes akhir siklus II serta dengan menggunakan lembar observasi, kuesioner/tanggapan siswa, dan pertanyaan refleksi siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dengan model Problem Based Learning dapat memfokuskan siswa dalam pembelajaran yang berkaitan dengan masalah pada kehidupan sehari-hari dan membantu siswa untuk dapat berpikir kritis dalam memecahkan masalah serta menemukan ide-ide kreatif yang menjadi solusi pada setiap masalah, baik penemuan jawaban secara individu maupun dalam bentuk diskusi kelompok. Berdasarkan dari beberapa data diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas III UPT SPF SDI BUTTATIANANG II Makassar.
Copyrights © 2022