Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas produk E-LKPD yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). E-LKPD yang dikembangkan diuji cobakan pada 38 orang peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 7 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dilihat dari hasil validasi aspek kelayakan isi (99%), penyajian (96,25%), bahasa (99,3%), dan media (98,75%). E-LKPD yang dikembangkan juga telah memenuhi aspek praktikalitas yang dilihat dari hasil angket keterbacaan E-LKPD pada uji coba perorangan (81,67%) dan kelompok kecil (94%) yang termasuk kategori sangat praktis. Angket respon peserta didik memperoleh rata-rata skor 3,4 dengan persentase 85,65% yang termasuk kategori sangat praktis dan angket respon guru memperoleh rata-rata skor 3,3 dengan persentase 82,5% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Lembar observasi kemampuan guru menggunakan E-LKPD memperoleh persentase 87,5% dengan rata-rata skor 3,5 yang termasuk kategori sangat baik dan lembar observasi kemampuan guru mengelola kelas memperoleh persentase 96,25% dengan rata-rata skor 3,85 yang termasuk kategori sangat baik. E-LKPD juga telah memenuhi aspek efektivitas yang dilihat dari hasil rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu 0,77 yang termasuk kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan produk yang dikembangkan yaitu E-LKPD berbasis model Problem Solving telah memenuhi aspek validitas, praktikalitas, dan efektivitas.
Copyrights © 2022