JOURNAL OF CHEMISTRY AND EDUCATION (JCAE)
Vol 7 No 2 (2023): JCAE DESEMBER 2023

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LIVE STREAMING BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS

Iriani, Rilia (Unknown)
Rusmansyah, Rusmansyah (Unknown)
Analita, Rizki Nur (Unknown)
Leny, Leny (Unknown)
Salsabila, Iqlima Zada (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Kurang bervariasinya media pembelajaran saat ini mengakibatkan berpikir kritis pada peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Live streaming berbasis Website meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Produk yang dihasilkan berupa video. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terbagi menjadi lima fase yaitu, analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian berjumlah 31 orang peserta didik kelas XI-MIPA 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran Live streaming berbasis Website yang dikembangkan memenuhi kriteria dalam kategori sangat valid, sangat praktis, dan efektif dalam kategori tinggi yaitu hasil Ngain berpikir kritis 0,74. Kesimpulannya adalah media pembelajaran Live streaming berbasis Website merupakan suatu media yang dapat digunakan pada proses pembelajaran bagi guru dan khususnya peserta didik untuk melatihkan kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcae

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil penelitian tentang pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kimia serta penelitian kimia yang meliputi kimia analitik, kimia organik, biokimia, kimia anorganik serta kimia ...