Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis STEM dengan QR Code yang layak dalam meningkatkan kemampuan literasi sains. Hasil penelitian ditinjau berdasarkan uji validitas, kepraktisan dan keefektifan pada modul pembelajaran IPA berbasis STEM dengan fitur QR Code yang digunakan oleh peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) Analisis (analyze), 2) Perancangan (design), 3) Pengembangan (development), 4) Implementasi (implementation) dan 5) Evaluasi (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan dua uji coba kelas terdiri dari uji coba kelas terbatas yaitu kelas VII C dan uji coba kelas luas terdiri dari kelas VII A dan VII B di SMP Negeri 35 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis STEM dengan fitur QR Code pada materi Pencemaran Lingkungan dinyatakan sangat valid. Modul pembelajaran IPA berbasis STEM dengan QR Code dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon dari peserta didik. Modul pembelajaran IPA berbasis STEM dengan QR Code dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains berdasarkan hasil rata-rata n-gain dengan kategori sedang pada kelas terbatas dan kategori tinggi pada kelas luas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024