Arus Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 4 No 3: Desember (2024)

Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas II SDN Dalung 1 Kota Serang

Irma Deswiyanti (Universitas Primagraha)
Ika Evitasari Aris Fadliansyah (Universitas Primagraha)
Ari Gunardi (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan mengenai kemampuan membaca siswa sekolah dasar yang masih rendah serta tidak mampu membaca kata dengan lancar dan akurat. Salah satu faktor penyebab siswa tidak dapat membaca adalah kurangnya minat baca siswa. Berdasarkan hal tersebut, upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa yaitu dengan menerapkan media pembelajaran flash card. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flash card terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain penelitian One Group Time Series Design. Sampel penelitian ini adalah 10 siswa kelas IIB di SDN Dalung 1 Kota Serang sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan melalui penskoran, uji nilai gain, uji normalitas, dan uji hipotesis. Data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu data hasil pretest dan posttest kemampuan membaca siswa kelas eksperimen. Perlakukan yang diberikan adalah media pembelajaran flash card. Hasil skor rata-rata pretest kemampuan membaca siswa adalah 57, sedangkan skor rata-rata posttest kemampuan membaca siswa adalah 87. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran flash card berpengaruh pada kemampuan membaca siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajsh

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Arus Jurnal Sosial dan Humaniora (AJSH) menerbitkan karya hasil penelitian dan kajian ilmiah pada ruang lingkup ilmu sosial dan ilmu humaniora diantaranya: antropologi, kajian bisnis, kajian komunikasi, tata kelola perusahaan, kriminologi, kajian lintas budaya, demografi, kajian ekonomi pembangunan, ...