Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah fisika statistik dengan menerapkan model Problem Based Learning melalui kegiatan lesson study. Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan fisika semester lima (V) Program Studi Pendidikan fisika Universitas Hamzanwadi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui kegiatan Lesson Study yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do) dan refleksi (See). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based learning melalui kegiatan lesson study dapat meningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada matakuliah fisika statistik, Adapaun rata-rata prosentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada masing-masing siklus yaitu 39% siklus I dan 57% siklus II.
Copyrights © 2024