Kemampuan dasar yang dimiliki peserta didik pra-sekolah untuk mempersiapkan dirinya masuk ke jenjang pendidikan dasar adalah menulis dan berhitung. Stimulasi kemampuan dasar berhitung pada diri anak usia dini sangat penting agar anak mampu  berkembang dan bersaing dalam mempersiapkan masuk ke jenjang pendidikan dasar. Agar kemampuan berhitung anak dapat berkembang dengan baik, maka diperlukan media pembelajaran yang interaktif sebagai sarana untuk mempermudah anak dalam memahami tentang konsep berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media roda pintar limbah jagung dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Subjek penelitian ini adalah anak dengan usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU Siti Fatimah Socah dengan jumlah populasi sebanyak 34 anak yang kemudian diambil seluruhnya sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi berupa kegiatan pretest, treatment dan posttest. Uji validitas yang digunakan adalah validitas isi yang diperoleh hasil sebesar 85%. Uji reliabilitas menggunakan perhitungan Chronbach’s Alpha yang diperoleh hasil sebesar 0,890. Uji normalitas pada penelitian ini menggunakan uji Shapiro Wilk dengan hasil data yang diperoleh yaitu pretest sebesar 0,068 dan posttest sebesar 0,275 kedua data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa nilai sig.2 – tailed yakni 0,000 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat diartikan bahwa terdapat efektivitas media roda pintar limbah jagung dalam menstimulasi kemampuan berhitung anak usia 5-6 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024