Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 3 (2023): Volume 09 No. 03 Juli 2023

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD PASCA PANDEMI

Shifania 'Azza Mawardah (Universitas Muria Kudus)
Khamdun (Unknown)
Diana Ermawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematika siswa serta menganalisis kondisi dan solusi ketika siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SD 5 Bae. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitiannya yaitu pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas IV di SD 5 Bae selama pasca pandemi di semester 2 ini terdapat peningkatan dalam hal nilai serta peningkatan dalam menghafal rumus dan juga perkalian dibandingkan dengan masa pembelajaran siswa selama ada pandemi walaupun terdapat beberapa siswa yang belum sepenuhnya memahami indikator yang diinginkan oleh peneliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...