ABSTRAK Kurangnya pemahaman dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran terjadi karena belum maksimalnya variasi model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, meskipun pada dasarnya guru telah melakukan beberapa variasi model pembelajaran namun dalam pelaksanaannya variasi model pembelajaran yang dilakukan selama ini belum mampu mendorong pemahaman dan keterampilan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 02 Candisari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana peneliti melakukan observasi dan tindakan narasumber yang diutamakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam proses belajar mengajar sangat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 85% telah tuntas KKM. Hal ini disebabkan karena penerapan metode pembelajaran problem based learning memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan Guru, menjadikan siswa lebih aktif dan lebih percaya diri dalam mempresentasikan hasil karyanya, serta lebih berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh teman antar kelompok. Kata Kunci: Model pembelajaran Problem Based learning, Berpikir kritis, aktif.
Copyrights © 2023