Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 04 (2023): Volume 09 No. 04 September 2023

PENGARUH BAHAN AJAR BERORIENTASI LIFE SKILLS BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILLS PESERTA DIDIK DI KELAS III SDN REJOSARI 01

Nely Athiyah (Universitas PGRI Semarang)
Fenny Roshayanti (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
Eka Sari Setianingsih (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pengaruh bahan ajar berbasis STEAM bermuatan Life skills di SD Negeri Rejosari 01 yang belum menerapkan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar yang berbasis STEAM untuk mendukung potensi life skills yang dimiliki oleh peserta didik SDN Rejosari 01 baik generic life skills maupun spesific life skills sehingga pembelajaran kurang mendukung aktivitas peserta didik pada saat kegiatan pembelajaran dikelas berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis STEAM terhadap life skills peserta didik. Rumusan masalah peneliti dirumuskan sebagai berikut: Apakah pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematic) untuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematic) untuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design yaitu bentuk nonquivelent pretest and posttest control group. Hasil penelitian dari pengaruh bahan ajar berorientasi life skills berbasis STEAM ntuk meningkatkan life skills peserta didik di kelas III SDN Rejosari 01 pada sesudah perlakuan kelas eksperimen mendapat rata-rata 137,54 dan sesudah perlakuan pada kelas kontrol mendapat rata-rata 82,93. Sedangkan berdasarkan uji Paired sample t test, diketahui sig. (2-tailed) sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan eksperimen sebesar .000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan terhadap life skills peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...