ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kelayakan produk AR Book Math berbasis Augmented Reality pada materi volume bangun ruang di sekolah dasar, (2) mengetahui kepraktisan produk AR Book Math berbasis Augmented Reality pada materi volume bangun ruang di sekolah dasar, (3) mengetahui keefektifan produk AR Book Math berbasis Augmented Reality pada materi volume bangun ruang di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah dua puluh satu siswa kelas VI dan satu guru kelas VI di SDN 01 Dororejo Kabupaten Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metodevalidai ahli, angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji kelayakan, uji kepraktisan dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa skor validasi ahli materi 95,1% dan validasi ahli media 91,67% dalam kategori “Sangat Layak”. Serta validasi kepraktisan dari guru dan siswa mendapatkan nilai dengan persentase 88% dan 82,12% dalam kategori “Sangat Praktis”. Peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 71,43% dalam kategori “Sangat Efektif”. Produk AR Book Math dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran yang membantu pemahaman siswa pada materi volume bangun ruang di sekolah dasar. Kata Kunci : AR Book Math, Media Pembelajaran, Volume Bangun Ruang
Copyrights © 2023