Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 04 (2023): Volume 09 No. 04 September 2023

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PUZZLE MATERI PECAHAN DI KELAS IV SD NEGERI KARANGREJO 01 SEMARANG

Umi Haniatul Mudlifah (universitas pgri semarang)
Aries Tika Damayani (Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2023

Abstract

ABSTRAK Pada hakikatnya hasil belajar adalah menjadi tolak ukuran yang penting dalam proses mengevaluasi keberhasilan belajar peserta didik. Hasil belajar itu sendiri tidak hanya bertumpu pada nilai semata, tetapi dapat berupa perubahan, penalaran, keterampilan dan lain sebagainya yang menuju perubahan positif pada diri individu. Namun pada kenyataannya hasil belajar di kelas IV SDN Karangrejo 01 masih dibawah KKM, guru hanya sekedar menerangkan tanpa adanya variasi pembelajaran, yang mengakibatkan perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru kurang, peserta didik juga tidak mau menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, sehinggga timbulah rasa kurang semangat dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dilakukan sebuah tindakan penelitian dengan menggunakan media puzzle dalam materi pecahan, yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Karangrejo 01. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam muatan pembelajaran matematika di kelas IV SDN Karangrejo 01 melalui media puzzle. Teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan observasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN Karangrejo 01 Semarang, berjumlah 27 orang. Pada siklus pertama peserta didik yang mencapai KKM hanya 33% atau 9 peserta didik. Pada siklus kedua peserta didik mengalami peningkatkan dalam hasil belajar yaitu sebanyak 81% atau 22 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV mengalami peningkatan dengan menggunakan media pembelajaran yang menggunakan alat peraga puzzle. Kata Kunci: hasil belajar, media puzzle, pecahan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...