Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 04 (2023): Volume 09 No. 04 September 2023

IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 SEMARANG

Okky Indera Satria (universitas pgri semarang)
Muhammad Saifuddin Zuhri (Universitas PGRI Semarang)
Heni Purwati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian penerapan pendekatan contextual teaching and learning CTL menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra siklus 39 menjadi 60 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 72 pada siklus II. Pada prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 8%, kemudian persentase tersebut meningkat pada siklus I dengan persentase 44% dan pada siklus II dengan persentase 78%. Hal ini menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas dengan kesimpulan adanya peningkatan hasil belajar matematika dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II serta adanya peningkatan persentase ketuntasan secara klasikal dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...