Penelitian ini dilatar belakangi mengenai kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam observasi yang peneliti lakukan melihat bahwa guru di SDN tersebut tidak menggunakan media pembelajaran berbasis internet dan teknologi, maka dari itu respon siswa seperti merasa bosan dan tidak tertarik dengan pembelajaran, setiap kali membahas topik guru selalu memberikan tepuk fokus untuk siswanya, agar selalu fokus terhadap pembelajaran yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap respon siswa terhadap penggunaan media Canva interaktif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas IV di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada respon siswa dalam penggunaan media Canva Interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media Canva Interaktif sangat efektif untuk kelas IV di SDN Sendangmulyo 02. Penggunaan media Canva interaktif membuat peserta didik tertarik dengan pembelajaran dan respon peserta didik yang baik saat menggunakan media canva. Keberhasilan penelitian ini didukung adanya respon peserta didik yang senang menggunakan media Canva. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi peserta didik sangat antusias dalam menggunakan media Canva. Berdasarkan hasil pengisian angket menunjukan bahwa banyak peserta didik yang menyukai pembelajaran dengan menggunakan media Canva Interaktif.
Copyrights © 2023