Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 04 (2023): Volume 09 No. 04 September 2023

IMPLEMENTASI STRATEGI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI LITERASI SEKOLAH SD N PLEBURAN 01

Arif Setio Budi Arif (UNIVERSITAS PGRI SEMARANG)
Heni Purwati (PPG Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)
Achmad Buchori (Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Semarang)
Purwanto (SMP Negeri 6 Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2023

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan menguji keefektifan penerapan model pembelajaran PBL terhadap peningkatan hasil belajar ditinjau dari minat belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 6 Semarang materi kesebangunan semester genap 2022/2023. Penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel yaitu 29 siswa kelas IX A SMP Negeri 6 Semarang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling, tes dan angket sebagai instrumen penelitian. Hasil One Sample t-Test, kesimpulan siswa mampu mencapai nilai tes hasil belajar lebih dari KKM yang ditetapkan 74 diperoleh 80,60. Hasil Paired t-Test , kesimpulan yaitu rata – rata tes hasil belajar meningkat dari 52,58 menjadi 80,60 dan minat belajar meningkat dari rata – rata angket 59,37 menjadi 85,48. Hasil uji efektivitas N – Gain lanjutan hipotesis paired t-test diperoleh 61,54% dan 62,24% menyimpulkan model pembelajaran Problem Based Learning termasuk model pembelajaran yang cukup efektif. Dengan ketercapaian tiga indikator yang ditetapkan peneliti penerapan model pembelajaran ini disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL efektif terhadap peningkatan hasil belajar ditinjau dari minat belajar matematika siswa SMP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...