Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis film dokumenter dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Cilegon. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan desain penelitian praeksperimental (Pre-Eksperimental) dengan jenis One Group Pretest – Posttest Design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini yaitu 137 siswa dengan sampel penelitian yaitu 34 siswa, sampel tersebut ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji normalitas yang menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil penelitian ini dibantu analisis datanya dengan SPSS versi 29 yaitu menggunakan teknik uji Paired Samples t-Test. Hasilnya diperoleh nilai sig one side p (0,001) dan two side p (0,001) < 0,05. Maka hasilnya media pembelajaran berbasis film dokumenter efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 3 Cilegon. Sebelumnya hasil skor angket pretest 3718 dan skor posttest 4012, keduanya memiliki perselisihan yang cukup jauh berbeda.
Copyrights © 2023