Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 5 (2023): Volume 09 No. 05 Desember 2023

PENGARUH METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Rifda Zulvia Salsabila (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Encep Andriana (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Rokmanah (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Faktor yang menjadi penyebab siswa jenuh dan merasa bosan dalam pembelajaran ialah penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat dan kurang menarik sehingga diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan penerapan guru dalam metode demonstrasi untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur yang dilanjutkan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa penggunaan metode demonstrasi oleh guru di kelas II SDN Taman Ciruas sangat berpengaruh dengan kualitas dan keberhasilan siswa dalam memahami, memotivasi semangat belajar, dan kreativitasnya yang menjadikan pemahaman dan hasil belajar siswa meningkat sebab ketika menggunakan metode demonstrasi guru tentu membuat media pendukung berupa gambar, alat peraga yang dibuat langsung oleh guru, dan video yang bersumber dari internet. Hal itu dilakukan karena siswa membutuhkan pembelajaran yang sifatnya konkret yang memicu siswa mudah memahami dan mengingat penjelasan yang telah disampaikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...