ABSTRACT The problem of low reading skills is the main focus of problems in the education sector. Based on the obstacles faced, further efforts are needed to overcome them. One effort that needs to be made is to introduce various interesting strategies that can form regular and good reading behavior for students. The research that will be carried out by researchers uses a descriptive type method in a qualitative approach. The data collection technique in this research was obtained based on the results of interviews and observations, by taking research objects at SDN Serang 03. Apart from interviews and observations, researchers also used data collection techniques, namely literature study. Based on the results of the research and discussion, it was found that the strategy used by educators to improve students' reading skills was to develop literacy cultivation through reading activities on certain days and the use of reading corners as support for increasing students' reading literacy. ABSTRAK Permasalahan rendahnya keterampilan membaca menjadi fokus utama pada permasalahan dibidang pendidikan. Berdasarkan kendala yang dihadapi tersebut diperlukan upaya lanjutan dalam mengatasinya. Salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah dengan memperkenalkan berbagai starategi menarik yang mampu membentuk perilaku membaca teratur dan baik bagi peserta didik. Penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti menggunakan metode jenis deskriptif dalam pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini didapat berdasarkan hasil wawancara dan observasi, dengan mengambil objek penelitian di SDN Serang 03. Selain wawancara dan observasi peneliti juga memakai teknik pengumpulan data yakni studi literatur. Berdeasarkan hasil penelitian dan pembahasan didapatkan bahwa strategi yang digunakan pendidik dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik yakni dengan mengembangkan budidaya literasi melalui kegiatan membaca dihari tertentu dan penggunaan pojok baca sebagai penunjang untuk meningkatkan literasi membaca peserta diidk.
Copyrights © 2023