Dalam dunia pendidikan, motivasi belajar merupakan salah satu kunci yang dapat membuka pintu pengetahuan, prestasi akademik, dan pengembangan pribadi siswa. Ketika siswa merasa termotivasi maka akan meningkatkan rasa keinginan nya dalam mencapai sesuatu. Di sekolah dasar, menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong motivasi belajar menjadi hal penting. Motivasi dapat muncul salah satunya melalui pemberian semangat melalui kata-kata yang membangun dan mendorong bagi siswa. Keterampilan memberikan penguatan merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru. Untuk membangkitkan dan memelihara motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas dalam memberikan penguatan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi pustaka yang merupakan jenis dari penilitian kualitatif, dimana metode studi pustaka menggunakan pengumpulan data melalui sumber-sumber literatur dan mengkontruksikan berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan hasil riset yang telah dilakukan.
Copyrights © 2023