Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 5 (2023): Volume 09 No. 05 Desember 2023

HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENGUATAN DENGAN PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Fasya Afria Khulpi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Rokmanah (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nana Hendracipta (PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Dalam dunia pendidikan, motivasi belajar merupakan salah satu kunci yang dapat membuka pintu pengetahuan, prestasi akademik, dan pengembangan pribadi siswa. Ketika siswa merasa termotivasi maka akan meningkatkan rasa keinginan nya dalam mencapai sesuatu. Di sekolah dasar, menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong motivasi belajar menjadi hal penting. Motivasi dapat muncul salah satunya melalui pemberian semangat melalui kata-kata yang membangun dan mendorong bagi siswa. Keterampilan memberikan penguatan merupakan keterampilan yang harus dimiliki guru. Untuk membangkitkan dan memelihara motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas dalam memberikan penguatan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi pustaka yang merupakan jenis dari penilitian kualitatif, dimana metode studi pustaka menggunakan pengumpulan data melalui sumber-sumber literatur dan mengkontruksikan berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan hasil riset yang telah dilakukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...