Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis pengaruh reward terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas 1 SDN Cinanggung. Dengan menggunakan desain penelitian yang cermat dan metode observasional, penelitian ini mengidentifikasi variabel independen (reward) dan variabel dependen (motivasi belajar) serta mengembangkan instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Implementasi penelitian dilakukan di SDN Cinanggung dengan memberikan reward sesuai dengan desain penelitian, dan data motivasi belajar dikumpulkan melalui instrumen yang telah dipersiapkan. Analisis data dilakukan menggunakan metode statistik yang sesuai, seperti analisis regresi atau uji perbedaan mean, untuk menilai sejauh mana pengaruh reward terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas hubungan antara reward dan motivasi belajar di kelas 1, dengan mempertimbangkan faktor kontekstual, implementasi reward, dan pemahaman konsep penghargaan. Kesimpulan penelitian menyoroti potensi besar reward dalam meningkatkan minat, penguatan perilaku positif, peningkatan kinerja akademik, pengenalan konsep penghargaan dan konsekuensi, serta mendorong kemandirian peserta didik. Penelitian ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan strategi reward yang lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas 1, dengan mempertimbangkan keunikan setiap sekolah dan siswa. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini dapat digunakan untuk meningkatkan strategi pembelajaran, mendukung motivasi belajar siswa, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif di SDN Cinanggung.
Copyrights © 2023