Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 5 (2023): Volume 09 No. 05 Desember 2023

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA KELAS II DI SD NEGERI 42 PEKANBARU

Yulia Okta Miranda (PGSD FKIP Universitas Islam Riau)
Dea Mustika (PGSD FKIP Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi dan hambatannya pada pembelajaran abad 21 pada kelas II di SD Negeri 42 Pekanbaru. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan instrumen pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu guru dan kepala sekolah sumber data sekunder rpp, silabus dan penilaian. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Diperoleh hasil implementasi pembelajaran abad 21 pada kelas II di SD Negeri 42 Pekanbaru Pada perencanaan yang dibuat oleh wali kelas berupa RPP tidak tercantum keterampilan (collaboration), pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak memfasilitasi siswa untuk berkelompok (collaboration) dan tidak mengoptimalkan media IT dalam pembelajaran, pada penilaian guru menggunakan penilaian autentik untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...