Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi dan hambatannya pada pembelajaran abad 21 pada kelas II di SD Negeri 42 Pekanbaru. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Kualitatif Deskriptif dengan instrumen pengumpulan data observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yaitu guru dan kepala sekolah sumber data sekunder rpp, silabus dan penilaian. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Diperoleh hasil implementasi pembelajaran abad 21 pada kelas II di SD Negeri 42 Pekanbaru Pada perencanaan yang dibuat oleh wali kelas berupa RPP tidak tercantum keterampilan (collaboration), pada pelaksanaan pembelajaran guru tidak memfasilitasi siswa untuk berkelompok (collaboration) dan tidak mengoptimalkan media IT dalam pembelajaran, pada penilaian guru menggunakan penilaian autentik untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023