Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas IV di SD N 07 Bulung Kulon. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kuantittaif eksperimen yaitu one-grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa dan teknik pengambila sampel menggunakan sampling jenuh. Dengan jumlah sampel sama dengan populasinya yaitu 20 responden. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji T-test. Berdasarkan hasil yang telah diolah, diperoleh terdapat pengaruh program literasi pojok baca terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD N 07 Bulung Kulon pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks dongeng menggunakan uji paired sample T-test ditemukan nilai t sebesar -12,893 dengan nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebanding dengan 0,00 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05 atau 0,00 < 0,05.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024