Keterampilan berbahasa mencakup empat aspek yakni: 1) keterampilan menyimak, 2) keterampilan berbicara, 3) keterampilan membaca, dan 4) keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dan paling sulit dari keempat keterampilan tersebut. Namun, pada temuan dilapangan masih banyak peserta didik yang masih kesulitan dalam menuangkan idenya kedalam tulisan, sehingga menyebabkan keterampilan menulis peserta didik rendah. Selain itu, penyebab rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis disebabkan karena, pendidik tidak menggunakan metode yang baik. Pendidik hanya menjelaskan teks deskripsi secara teori tanpa mengajarkan tahapan proses menulis yang baik, sehingga peserta didik kesulitan dalam mengembangkan topik tulisan menjadi teks yang utuh. Upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi dilakukan dengan menerapkan metode yang baik, yakni salah satunya metode quantum writing dengan sistem PAKH (Pusatkan PIkiran, Atur, Karang dan Hebat). Melalui metode quantum writing peserta didik dapat menuangkan idenya dengan bebas kedalam tulisan tanpa takut salah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode quantum writing pada keterampilan menulis teks deskripsi di kelas V SD Negeri 1 Langsa, Kecamatan Langsa, Kota Langsa, NAD. Teknik pengambilan sampel yakni sampel jenuh yang berjumlah 22 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan jenis penelitian Pre Experimental, dengan Desain One Group Pretest Posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes dan rubrik penilaian. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang mencakup uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa 0,000 < α 0,05. Artinya, metode quantum writing berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks deskripsi di kelas V SD Negeri 1 Langsa.
Copyrights © 2024