Gangguan perkembangan bahasa mengacu pada ketidakmampuan atau keterbatasan dalam menggunakan simbol linguistik untuk komunikasi verbal, atau keterlambatan kemampuan anak berbicara atau mengembangkan bahasa, tergantung pada kelompok umur, jenis kelamin, kebiasaan, dan kecerdasan Oleh karena itu, jika gangguan berbahasa tidak ditangani dengan baik, dapat menimbulkan masalah pada pemahaman membaca, keterampilan berbahasa, perilaku, dan penyesuaian psikososial sehingga berdampak pada penurunan prestasi akademik. Orang tua dan guru perlu memahami perilaku bermasalah ini karena "anak bermasalah" biasanya terlihat di kelas dan menampilkan perilaku ini dalam semua interaksi mereka dengan orang-orang di sekitar mereka. Banyak anak yang mengalami keterlambatan bahasa antara usia 24 dan 30 bulan akan pulih dalam beberapa tahun dan tidak memerlukan intervensi. Tantangannya adalah mengidentifikasi dan menggunakan informasi relevan lainnya untuk meningkatkan keputusan diagnostik bagi setiap anak dan mencegah gangguan perkembangan yang lebih parah.
Copyrights © 2024