Permasalahan mengenai penelitian penggunaan diksi pada keterampilan menulis pantun didasarkan oleh ketidakmampuan siswa dalam menggunakan diksi yang tepat pada menulis pantun sehingga disebabkan kurangnya pengetahuan dan wawasan siswa dalam memilih diksi sesuai dengan kriteria yang ada seperti menentukan sampiran serta isi pantun. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan diksi dalam keterampilan menulis pantun oleh siswa kelas V di SDN Keagungan 05 Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi terhadap 22 tulisan siswa yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya 120 diksi yang dikelompokkan berdasarkan jenis kata abstrak menjadi hal yang dominan diikuti oleh kata konkret, kata umum, dan kata khusus. Selain itu, terdapat 82 diksi yang dikelompokkan berdasarkan jenis makna, dengan makna denotasi mendominasi diikuti oleh makna konotasi. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa siswa telah memiliki pemahaman yang cukup baik tentang penggunaan diksi dalam menulis pantun, namun ditemukan keterbatasan dalam interaksi siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan interaksi dan partisipasi siswa, serta pengawasan yang lebih intensif dari guru dalam proses pembelajaran. Saran perbaikan meliputi penerapan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan pelatihan kepada guru untuk memfasilitasi proses pembelajaran dengan lebih efektif. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk menginvestigasi lebih lanjut faktor-faktor yang memengaruhi interaksi siswa dalam pembelajaran menulis pantun, serta mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif.
Copyrights © 2024