Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 03 September 2024

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Mastuti Muthoharoh (Unknown)
Rissa Prima Kurniawati (Unknown)
Pinkan Amita Tri Prasasti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Pembelajaran IPAS di sekolah dasar masih belum optimal dalam penerapan nya. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar IPAS adalah proses pembelajaran yang bersifat teacher center. Dalam proses pembelajaran IPAS, guru cenderung hanya mengarahkan kemampuan siswa untuk menghafal informasi, sehingga siswa tidak terlatih menggunakan daya nalarnya. Salah satu cara agar siswa mampu memahami materi pelajaran dengan baik yaitu dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah mengimpelementasi model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media prezi untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa SD. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 16/X Nipah Panjang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 19 orang, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif ini digunakan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe scramble berbantuan media prezi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data dalam peneletian ini diperoleh dengan cara memberikan tes kepada hasil belajar siswa, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 67,63 dan ketuntasan klasikal kelas sebesar 52,63% sedangka n pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa sebesar 83,94 dan ketuntasan klasikal kelas sebesar 94,73%. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat sebesar 42,1% hal ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe scramble berbantuan media prezi dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...