Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 03 September 2024

PENGEMBANGAN KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN EDUTAINMENT

Rafika Dian Rahmawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yayuk Sumarni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Roni Subagya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Choiriyah Widyasari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ernawati (Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Pendidikan dasar memainkan peran penting dalam membentuk fondasi kognitif siswa, yang mencakup kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pemahaman konsep-konsep dasar. Penelitian ini mengkaji implementasi strategi pembelajaran Edutainment dalam perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Edutainment, yang merupakan gabungan dari pendidikan dan hiburan, bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa dapat terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-kritis terhadap berbagai literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Edutainment dapat meningkatkan motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis, daya ingat dan pemahaman siswa, serta kemampuan kolaborasi dan sosialisasi. Edutainment memanfaatkan berbagai media dan teknologi, seperti video edukatif, permainan interaktif, dan aktivitas kreatif, yang terbukti efektif dalam mendukung perkembangan kognitif siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Edutainment di sekolah dasar dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan, serta mendukung perkembangan kognitif siswa secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...