Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar serta keterampilan sosial.Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang bermakna, model pembelajaran yang kurang bervariasi, pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa kesulitan memahami materi pembelajaran.Upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta keterampilan sosial siswa yaitu melalui penggunaan model BERANI (Problem Based Learning, Number Head Together, Role Playing). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, serta menganalisis aktivitas siswa, hasil belajar, dan keterampilan sosial siswa.Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Sebjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Kuin Selatan 1 Banjarmasin tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 24 orang. Jenis data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Sedangkan data kuantitatif diperolehdari teknik pengukuran tes tertulis secara individu dan kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I memperoleh skor 27 dengan kriteria “ cukup baik”,dan pada pertemuan ke IV memperoleh skor 44 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa pertemuan I hanya mencapai 25%, dan pada pertemuan IV meningkat menjadi 100%. Keterampilan Sosial Siswa pertemuan I mencapai 37%, dan pada pertemuan IV meningkat menjadi 100%. Hasil belajar siswa pertemuan I 42%, dan pada pertemuan IV mengalami peningkatan menjadi 100% dengan kriteria” tuntas”.Kesimpulan dari hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran BERANI dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar serta keterampilan sosial siswa. Penggunaan model ini dasarankan dapat menjadi salah satu alternatif dalam pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
Copyrights © 2024