Penelitian dilaksanakan agar hasil belajar kognitif IPAS materi kegiatan ekonomi mengalami peningkatan melalui pendekatan TaRL dan model pembelajaranberbasis masalah kelas IV SDN Patihan. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas yaitu peserta didik kelas IV B yang berjumlah 19 orang. Penelitian dilakukan pada semester genap dengan 2 siklus dengan materi kegiatan ekonomi. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Pencapaian hasil belajar kognitif yang dicapai mengalami peningkatan mulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Presentase ketuntasan yang diperoleh peserta didik pada pra siklus sebesar 42% dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus I presentase ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 63% dengan nilai ratarata 71. Pada siklus II presentase ketuntasan peserta didik meningkat menjadi 84% dengan nilai rata-rata 83 dan hasil belajar peserta didik sudah memenuhi kriteria ketuntasan.
Copyrights © 2024