Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 3 (2024): Volume 10 No. 3 September 2024

MENGEMBANGKAN LITERASI BUDAYA MELALUI MEDIA POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS 4 SDN SENDANGMULYO 02 SEMARANG

Felia Wulan Sari (Universitas PGRI Semarang)
Husni Wakhyudin (Unknown)
Aini Zahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah penggunaan media pop-up book sebagai media inovatif untuk mengembangkan literasi budaya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas 4 materi keragaman budaya Indonesia Kelas 4 SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi budaya siswa kelas 4 SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan Bu Aini Zahra selaku wali kelas 4C menunjukkan bahwa rendahnya literasi budaya siswa ini dikarenakan kurangnya guru dalam mengeksplor media pembelajaran dimana media pembelajaran yang digunakan masih berupa gambar cetak dan buku LKS materi “Keragaman Budaya” yang tersedia di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran pop-up book adalah media yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa, efektif dalam mengembangkan keterampilan sosial, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas 4 SDN Sendangmulyo 02 Semarang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...