Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 3 (2024): Volume 10 No. 3 September 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD N 76 LUBUKLINGGAU

Sri Widianti Puteri (Universitas PGRI Silampari)
Dr. Ani Fiani, M.Pd (Universitas PGRI Silampari)
Lucy Asri Purwasi, M.Pd.Mat (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 76 Lubuklinggau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Populasi yang digunakan adalah kelas V SD Negeri 76 Lubuklinggau. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, karena yang menjadi sampel populasi yang diambil secara acak dan kelas V.a terpilih sebagai kelas yang akan diteliti dengan menggunakan model pembelajaran project based learning. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang diperoleh hasil belajar siswa pre-test dengan nilai rata-rata 54.27 dan post-test 79.06 dengan siswa yang tuntas ada 22 orang dengan presentase ketuntasan mencapai 84,61% dengan ini dapat dikatakan bahwasanya penerapan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 76 Lubuklinggau signifikan tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...