Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 03 September 2024

PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLEECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI PENAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS VI SDN PANDANWANGI 3 KOTA MALANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Tasya Maulidiawati (Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Titis Angga Rini (Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)
Marsumi (Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakn kemampuan literasi pemahaman peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan metode mix method dan dilakukan di SD Negeri Pandanwangi 3 Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian kemampuan literasi pemahaman peserta didik dari setiap siklus sudah mengalami peningkatan yang signifikansi, misalnya pada pra siklus rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 76,25, siklus I rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 79,83, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 83,75. Dari hasil penelitianl, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan literasi pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri Pandanwangi 3 Kota Malang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...