Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatakn kemampuan literasi pemahaman peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan metode mix method dan dilakukan di SD Negeri Pandanwangi 3 Kota Malang. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus dengan setiap siklusnya dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil penilaian kemampuan literasi pemahaman peserta didik dari setiap siklus sudah mengalami peningkatan yang signifikansi, misalnya pada pra siklus rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 76,25, siklus I rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 79,83, sedangkan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik adalah 83,75. Dari hasil penelitianl, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dapat meningkatkan kemampuan literasi pemahaman peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SD Negeri Pandanwangi 3 Kota Malang.
Copyrights © 2024