Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 di SDN Mangkura IV Makassar pada materi mengenal jenis dan membedakan bunyi alat musik tradisional melalui pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, yang masing-masing mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian di kelas 5 di SDN Mangkura IV Makassar. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam nilai rata-rata siswa, dari 60 pada siklus pertama menjadi 80 pada siklus ketiga. Selain itu, wawancara menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa mengembangkan apresiasi yang lebih besar terhadapbudaya lokal dan alat musik tradisional. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan CRT efektif dalam meningkatkan hasil belajar terhadap warisan budaya.
Copyrights © 2024