Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SD Inpres Bertingkat dan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan di kelas IV SD Inpres Bertingkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian diawali dengan perencanaan, dilanjutkan dengan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres Bertingkat yang berjumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I, 66 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40% dengan kategori cukup dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 78 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 80% dengan kategori baik. Dilihat dari data tersebut maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika.
Copyrights © 2024