Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 04 Desember 2024 In Press

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V SDN BANJARSARI KULON 02

Arofatul Mahmudah, Dewi (Unknown)
Huda, Khoirul (Unknown)
Susanto, Ferry Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pendidikan memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, sebab kualitas sumber daya manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas Pendidikan. Pendidikan matematika termasuk kedalam pendidikan dengan hasil yang masih sangat rendah. Beberapa siswa menganggap pembelajaran matematika sebuah pembelajaran yang rumit dan susah. Hal tersebut dipengaruhi oleh kemampuan pemecahan siswa yang masih rendah sebab penyelesaian dalam pemecahan masalah membutuhkan pemahaman dan ketekunan untuk mengatasi berbagai hambatan. Pembelajaran berbasis masalah memungkinkan siswa untuk mengeksplorasi masalah dunia nyata, mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Salah satu model pembelajaran yang telah terbukti efektif dalam mengatasi tantangan ini adalah Problem-Based Learning (PBL) atau Pembelajaran Berbasis Masalah. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing- masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, mengamati dan hasilnya, kemudian merefleksi kegiatan. Penelitian dilaksanakan di SDN Banjarsari Kulon 02, Kabupaten Madiun pada bulan Agustus sampai September 2024, yang terdiri dari 23 anak bertindak sebagai subyek yang menerima tindakan. Hasil dari penelitian menunjukkan dari sebanyak 23 siswa, penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dalem materi bangun ruang kubus dan balok. Kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan model PBL mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dengan penerapan model PBL mengalami peningkatan dari siklus I dengan peserta didik yang tuntas dalam KKM sebanyak 11 orang dengan persentase 25% dari 23 peserta didik. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 peserta didik dengan persentase sebesar 54% dari 23 peserta didik telah mencapai KKM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...