Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 04 Desember 2024

DESAIN E-LKPD OPEN-ENDED : INOVASI DALAM PEMBELAJARAN INTERAKTIF DI ERA DIGITAL

Maulani, Tya Asri (Unknown)
Sulistyaningsih, Dwi (Unknown)
Mawarsari, Venissa Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

ABSTRACT Students face challenges in understanding SPLDV material because the use of learning media tends to be monotonous and teaching methods are still teacher-focused. In addition, there is no development of teaching media with maximum use of technology in accordance with developments in this Society Era. E-LKPD is a media that meets these criteria. The purpose of this research is to develop E-LKPD learning media with an open-ended approach. The open-ended approach E-LKPD gives learners the freedom to explore their own answers from various points of view and perspectives which are used as mathematics teaching media on SPLDV material. This development research adopts the ADDIE model, focusing on 3 stages, namely;analysis,design, anddevelopment. The validity test was conducted by two mathematics education lecturers and a junior high school mathematics teacher. The assessment in the media validity test is the aspect of language presentation and media implementation. While the assessment on the material validity test is the feasibility of the material, evaluation, language and suitability with the open-ended approach. The validity results show that the E-LKPD developed received a score of 90.3%, which indicates that this media is very valid and feasible to use in mathematics learning activities. Keywords: E-LKPD, Open-ended, Validity ABSTRAK Peserta didik menghadapi tantangan dalam memahami materi SPLDV karena penggunaan media pembelajaran yang cenderung monoton dan metode pengajaran yang masih berfokus pada guru.. Selain itu belum adanya pengembangan media ajar dengan pemanfaatan teknologi yang maksimal sesuai dengan perkembangan di Era Society ini. E-LKPD merupakan media yang memenuhi kriteria tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran E-LKPD dengan pendekatan open-ended. E-LKPD pendekatan open-ended memberikan peserta didik kebebasan untuk mengeksplor jawaban mereka sendiri dari berbagai sudut pandang dan perspektif yang digunakan sebagai media ajar matematika pada materi SPLDV. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model ADDIE, dengan fokus pada 3 tahapan yaitu ; analisis (analyze), desain (design), dan pengembangan (develop). Uji validitas dilakukan oleh dua dosen pendidikan matematika dan seorang guru matematika tingkat SMP. Penilaian pada uji validitas media yaitu aspek penyajian kebahasaan dan keterlaksanaan media. Sedangkan penilaian pada uji validitas materi yaitu kelayakan materi, evaluasi, kebahasaan dan kesesuaian dengan pendekatan open-ended. Hasil validitas menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan mendapatkan nilai 90,3%, yang menandakan bahwa media ini sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan belajar matematika. Kata Kunci: E-LKPD, Open-ended, Validitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...