Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 04 Desember 2024

PENERAPAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI SD

Ismayati, Lailatul (Unknown)
Panca Dewi Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Flipbook berbasis Problem-Based Learning yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 6. Flipbook yang dikembangkan dirancang sebagai sarana pembelajaran. Metode penelitian menggunakan campuran (mix method) dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian terdiri dari 15 siswa. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa media Flipbook yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Uji coba pada siswa kelas 6 menunjukkan peningkatan signifikan padae kmampuan berpikir kritis. Dengan demikian, media Flipbook berbasis PBL ini dapat dijadikan alternatif inovasi pembelajaran untuk mendukung pengembangank eterampilan abad ke-21.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...