Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 10 No. 04 (2024): Volume 10 No. 04 Desember 2024

DAMPAK KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Nafilatus Sa’adah (Unknown)
Hernik Farisia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah menggunakan metode studi literatur. Keterampilan mengajar guru, yang mencakup kemampuan dalam menjelaskan materi, penggunaan media pembelajaran, penerapan metode interaktif, serta pemberian umpan balik konstruktif, ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa guru yang terampil dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, penggunaan media, serta pendekatan interaktif dalam kelas, dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Namun, penelitian ini juga mengakui adanya keterbatasan pada generalisasi hasil, terutama karena fokus banyak studi yang ditinjau berada pada sekolah umum. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan guru dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan mengajar yang relevan di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengkaji lebih mendalam dampak keterampilan mengajar pada pelajaran agama dan umum di madrasah serta faktor eksternal lain yang memengaruhi motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...