Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah menggunakan metode studi literatur. Keterampilan mengajar guru, yang mencakup kemampuan dalam menjelaskan materi, penggunaan media pembelajaran, penerapan metode interaktif, serta pemberian umpan balik konstruktif, ditemukan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Temuan ini menunjukkan bahwa guru yang terampil dapat menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, penggunaan media, serta pendekatan interaktif dalam kelas, dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Namun, penelitian ini juga mengakui adanya keterbatasan pada generalisasi hasil, terutama karena fokus banyak studi yang ditinjau berada pada sekolah umum. Oleh karena itu, disarankan agar pelatihan guru dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan keterampilan mengajar yang relevan di lingkungan Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian lanjutan diperlukan untuk mengkaji lebih mendalam dampak keterampilan mengajar pada pelajaran agama dan umum di madrasah serta faktor eksternal lain yang memengaruhi motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024