Jurnal Hadratul Madaniyah
Vol. 11 No. 2 (2024): Jurnal Hadratul Madaniyah

INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM MATA PELAJARAN IPA SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOLABORASI

Rahmaniati, Rita (Unknown)
Sayyidana, Zahra Ahla (Unknown)
Aulia, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran abad-21 berfokus pada student center dengan tujuan untuk memberikan peserta didik keterampilan. Mengasah keterampilan siswa dapat dilakukan oleh pendidik melalui pembiasaan diri yang positif dalam proses pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan integrasi pembelajaran sosial emosional dalam mata pelajaran ipa sebagai upaya peningkatan keterampilan berkolaborasi. Metode penelitian adalah metode library research, peneliti menggunakan buku-buku ataupun jurnal dan hasil penelitian sebagai bahan referensi. Hasil menunjukkan bahwa integrasi pembelajaran soisal emosional (kesadaran diri, pengelolaan diri kesadaran sosial, keterampilan membangun relasi dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan berkolaborasi siswa SD melalui penerapan model pembelajaran TGT, penyelidikan kelompok, dan model diccovery learning. Keteranpilan kolaborasi membantu peserta didik berinteraksi dan saling berkontribusi secara aktif, bekerja secara produktif, fleksibel, mampu bertanggung jawab, dan menghargai perbedaan yang ada sebagai bekal menghadapi era globalisasi abad ini. Keterampilan berkolaborasi juga dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik yang membantu mereka dalam mencapai hasil belajar lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jhm

Publisher

Subject

Education

Description

The publication of Jurnal Hadratul Madaniyah certainly participates in disseminating the results of research and review of science and technology development conducted by lecturers and researchers especially from UM Palangkaraya and other universities. This edition contains 6 articles consisting of ...