Realism: Law Review
Vol. 2 No. 3 (2024): Realism: Law Review

PERKEMBANGAN DAN TANTANGAN PENDIDIKAN MADRASAH DI NUSA TENGGARA BARAT: ANALISIS STATISTIK, KEBIJAKAN, DAN ASPEK HUKUM

Salim, Agus (Unknown)
Suryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki perkembangan dan tantangan pendidikan madrasah di Nusa Tenggara Barat (NTB) dari perspektif statistik, kebijakan, dan hukum. Studi ini menggunakan data dari Statistik Pendidikan NTB 2021 yang dikumpulkan melalui Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) dan data sekunder dari Dinas Pendidikan NTB. Analisis mencakup jumlah dan distribusi madrasah, tingkat partisipasi siswa (angka partisipasi kasar dan murni), kualifikasi guru, dan fasilitas pendidikan. Temuan utama menunjukkan adanya kesenjangan signifikan dalam distribusi dan kualitas madrasah antara daerah perkotaan dan pedesaan, tingkat partisipasi yang lebih rendah di daerah pedesaan, tantangan dalam kompetensi guru, dan infrastruktur yang tidak memadai. Analisis hukum berfokus pada implementasi kebijakan pendidikan dan regulasi yang mengatur pendidikan madrasah. Hasilnya menyoroti perlunya intervensi kebijakan yang terarah untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pendidikan madrasah di NTB. Rekomendasi termasuk meningkatkan program pelatihan guru, meningkatkan investasi dalam infrastruktur pendidikan, dan memastikan distribusi sumber daya yang merata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

rlr

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

The focus of Realism: Law Review is publishing the manuscript of outcome study, and conceptual ideas which specific in the sector of Law Science. Realism: Law Review aims to provide a forum for lectures and researchers on applied law science to publish the original articles. The scope of Realism: ...