Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potensi metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV di SMA yang terdiri dari empat tahap penyelesaian Polya: (1) memahami masalah; (2) merencanakan penyelesaian; (3) melaksanakan rencana; (4) memeriksa kembali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu 9 siswa kelas X C SMA K Abdi Wacana Pontianak. Objek penelitian ini adalah potensi metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV tergolong tinggi yaitu 63%. Secara khusus potensi metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah SPLTV dibagi dalam empat indikator yaitu: (1) potensi metakognisi siswa pada tahap memahami masalah tergolong tinggi dengan persentase 79%; (2) potensi metakognisi siswa pada tahap merencanakan tergolong tinggi dengan persentase 67%; (3) potensi metakognisi siswa pada tahap melaksanakan rencana tergolong sedang dengan persentase 57%; (4) potensi metakognisi siswa pada tahap memeriksa kembali tergolong sedang dengan persentase 48%. Kata kunci : Metakognisi, Penyelesaian Masalah, SPLTV Abstract: This research aims to describe student’s metacognition potential in SPLTV’s problem solving at Senior High School consisted of four Polya’s solved : (1) understanding the problem; (2) devising a plan; (3) carrying out the plan; (4) looking back. The research method that used is a descriptive method with the form of case studies. The subject in research is 9 students in class IX C SMA K Abdi Wacana Pontianak. The research object is student’s metacognition potential of SPLTV’s problem solving. The results of research showed that student’s metacognition potential of SPLTV’s problem solving in category high with percentage 63%. By means of special ability of problem solving mathematical in four indicator that is: (1) student’s metacognition potential of understanding the problem mathematical in category high with percentage 79%; (2) student’s metacognition potential of devising a plan with percentage in category high 67%; (3) student’s metacognition potential of carrying out the plan in category middle with percentage 54%; (4) student’s metacognition potential of looking back in category midle with percentage 48%
Copyrights © 2016