Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 1, No 01 (2024): Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2024

Integrasi Teknologi Dalam Pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk Peningkatan Literasi

Disma, Dwi Ria Ibti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi teknologi dalam pendidikan sebagai sarana peningkatan literasi siswa dengan kebutuhan khusus. Dalam konteks pendidikan, teknologi memiliki potensi besar untuk mendukung pembelajaran yang lebih adaptif dan personal. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari berbagai sekolah di Kalimantan Barat. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup dan wawancara semi-terstruktur untuk mendapatkan data tentang penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik deskriptif dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi seperti aplikasi pembelajaran adaptif, perangkat bantu digital, dan platform e-learning mampu meningkatkan literasi siswa, baik literasi dasar maupun digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknologi memiliki peran penting dalam pendidikan, dengan dampak signifikan pada kemampuan literasi siswa. Oleh karena itu, disarankan agar pemerintah dan institusi pendidikan terus mendorong penggunaan teknologi yang mendukung pendidikan melalui pelatihan guru dan penyediaan perangkat yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...