Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 1, No 01 (2024): Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2024

Dampak Penerapan Metode Ceramah dan Card Sort dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Topik Prestasi-Prestasi Khulafaur Rasyidin di MTs Negeri Sungai Pinyuh

Haryadi, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Card Sort. terhadap peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi prestasi Khulafaur Rasyidin pada siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun sumber datanya adalah siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: Pertama, Hasil Belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh pada materi prestasi Khulafaur Rasyidin sebelum menggunakan strategi Card Sort masih terbilang rendah dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 58,8 dengan kategori cukup. Kedua, Hasil Belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh pada materi prestasi Khulafaur Rasyidin setelah menggunakan strategi Card Sort mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa sebesar 69,5 dan pada siklus II memperoleh nilai 75,0 dengan kategori baik, dan dengan angka ketuntasan sebanyak 100%. Ketiga, Terdapat Peningkatan Hasil Belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh pada materi prestasi Khulafaur Rasyidin setelah menggunakan strategi Card Sort. Perolehan nilai pada siklus I meningkat menjadi 69,5 dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan sebesar 10,7%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 75,0 dengan angka ketuntasan siswa mencapai 100%. dengan penigkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sebesar 16,2%

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...