Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Card Sort. terhadap peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi prestasi Khulafaur Rasyidin pada siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun sumber datanya adalah siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pemberian tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan sebagai berikut: Pertama, Hasil Belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh pada materi prestasi Khulafaur Rasyidin sebelum menggunakan strategi Card Sort masih terbilang rendah dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 58,8 dengan kategori cukup. Kedua, Hasil Belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh pada materi prestasi Khulafaur Rasyidin setelah menggunakan strategi Card Sort mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai hasil belajar siswa sebesar 69,5 dan pada siklus II memperoleh nilai 75,0 dengan kategori baik, dan dengan angka ketuntasan sebanyak 100%. Ketiga, Terdapat Peningkatan Hasil Belajar siswa kelas VII MTs Negeri Sungai Pinyuh pada materi prestasi Khulafaur Rasyidin setelah menggunakan strategi Card Sort. Perolehan nilai pada siklus I meningkat menjadi 69,5 dengan kategori baik, dan mengalami peningkatan sebesar 10,7%. Pada siklus II nilai rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 75,0 dengan angka ketuntasan siswa mencapai 100%. dengan penigkatan hasil belajar siswa dari pra tindakan sebesar 16,2%
Copyrights © 2024