Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 1, No 01 (2024): Seminar Nasional Pendidikan (SNP) Tahun 2024

Analisis Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Ditinjau dari Pemahaman Sejarah dan Kemampuan Komunikasi Siswa

Sutoyo Budiharto (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran student facilitator and explaining dalam pemahaman sejarah dan kemampuan komunikasi siswa. Materi sejarah yang kompleks membuat siswa sulit untuk memahami materi secara menyeluruh. Model pembelajaran student facilitator and explaining digunakan oleh guru untuk memperkuat pemahaman materi sejarah dan meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Subjek di dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI IPS di MAN 1 Pontianak yang berjumlah 158 siswa yang terdiri dari kelas XI IPS 1, XI IPS2, XI IPS 3, dan XI IPS 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data di dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif. Data pemahaman materi sejarah diperoleh dari studi dokumentasi hasil nilai belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dalam bentuk daftar nilai siswa. Data kemampuan komunikasi siswa diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan di dalam kelas pada saat penerapan model student facilitator and explaining dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman materi sejarah siswa dengan model pembelajaran student facilitator and explaining memiliki persentase sebesar 91,86. Kemampuan komunikasi siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining memiliki persentase 55,13%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining di MAN 1 Pontianak oleh guru mata pelajaran sejarah terkategori berhasil karena terjadi peningkatan pemahaman sejarah siswa dengan kategori tinggi dan keterampilan komunikasi siswa yang terkategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...