Diversity Guidance and Counseling Journal
Vol. 1 No. 1 (2023)

Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Creative Problem Solving (CPS) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Pre Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Warunggunung Tahun Ajaran 2022/2023

Nurafifah, Nurafifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa telah menjadi hal yang sangat diperhatikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik creative problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Warunggunung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-ekperimen. Penelitian ini melibatkan 30 partisipan yang dibagi kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian menunjukan terdapat penurunan nilai hasil post-test pada kelompok eksperiman setelah diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik creative problem solving (CPS). Hasil uji Mann Whitney adalah 0,253, nilai tersebut >0,05 yang memiliki arti penolakan terhadap hipotesis. Maka tidak terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA N 1 Warunggunung. Setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi hasil penelitian ini. Faktor pertama yaitu, penggunaan metode eksperimen pada penelitian sosial dan pendidikan akan dihadapkan pada permasalahan yang menyangkut partisipan penelitian salah satunya interaksi manusia dan lingkungan atau dengan manusia itu sendiri, faktor kedua yaitu pada saat penelitian berlangsung berada pada situasi penilaian tengah semester dimana adanya beberapa partisipan yang masih diberikan panggilan untuk menyelesaikan dan menuntaskan nilai yang belum tuntas sehingga banyak memecah konsentrasi partisipan ketika pemberian perlakuan, dan ada pula beberapa partisipan yang diberikan panggilan untuk menuntaskan permasalahan pribadinya oleh wali kelas sehingga partisipan ketika mengisi lembar kuisioner secara terburu-buru dan tidak berkonsentrasi penuh sehingga memperoleh skor yang bisa dikategorikan rendah dan sedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dgcj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Merupakan jurnal peer-review dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Diversity dikelola oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng ...