cover
Contact Name
Mohamad Saripudin
Contact Email
mohamadsaripudin@upi.edu
Phone
+6289637524005
Journal Mail Official
dgcjuntirta@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ciwaru Raya, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang, Banten 42117
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Diversity Guidance and Counseling Journal
ISSN : -     EISSN : 30248930     DOI : -
Core Subject : Education,
Merupakan jurnal peer-review dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Diversity dikelola oleh Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Pengetahuan Pendidikan Seks bagi Anak Utami, Tunjung Lintang; Afiati, Evi; Conia, Putri Dian Dia
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.9

Abstract

Di Indonesia orang tua masih sering kali merasa tabu dalam membahas mengenai pengetahuan seks kepada anaknya disebabkan anak mempunyai tingkat rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga orang tua khawatir jika anaknya meniru perilaku seksual, dalam hal ini media massa sangat penting dalam pembelajaran anak untuk mendapatkan pengetahuan yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media sosial Tiktok terhadap pengetahuan pendidikan seks pada anak. Metode penelitian yang dipilih adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasi (correlation research). Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang peneliti lakukan diketahui banyak siswa yang memiliki media sosial Tiktok. Penelitian ini dilakukan di SDN Kutabumi I, II, III dan IV dengan melibatkan 145 sampel. Hasil penelitian menunjukkan 62% siswa memiliki intensitas terhadap penggunaan media sosial Tiktok dalam dan terdapat 63% siswa memiliki pemahaman mengenai pendidikan seks. Hasil uji korelasi didapat nilai R sebesar 0.547 yang artinya terdapat hubungan media sosial Tiktok dengan pengetahuan pendidikan seks. Terdapat peran media sosial Tiktok terhadap pengetahuan pendidikan seks sebesar 0.300 artinya hubungan media sosial Tiktok memiliki kontribusi sebesar 30% terhadap pendidikan seks.
Attachment pada Remaja Perempuan Mustaghfiroh, Mustaghfiroh; Muhibah, Siti; Prabowo, Arga Satrio
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran attachment pada remaja perempuan di SMA Negeri se-Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa perempuan SMA Negeri se-Kota Cilegon yang berjumlah 3.095 siswa, dan pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, dengan hasil 266 sampel. Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner menggunakan skala likert. Pengambilan data dilakukan menggunakan bantuan google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola attachment orang tua dikategorikan secure attachment pada 131 remaja perempuan, dikategorikan anxious attachment pada 88 remaja perempuan, dan dikategorikan avoidant attachment pada 47 remaja perempuan. Attachment penting bagi remaja perempuan, mereka yang dibesarkan dengan secure attachment akan memiliki tingkat percaya diri yang tinggi dan merasa nyaman untuk berbagi perasaan ataupun permasalahan yang dialami kepada orang terdekatnya serta mampu menjadi pendengar yang baik.
Pengaruh Expressive Writing Therapy Menggunakan Media Tik-Tok dalam Menurunkan Kecemasan Akibat Perasaan Tidak Aman (Insecure) pada Siswa Sekolah Menengah Atas Fadilah, Anisa Nurul; Handoyo, Alfiandy Warih; Conia, Putri Dian Dia
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.11

Abstract

Pada masa remaja, peserta didik biasanya mudah cemas saat mereka dihadapkan pada suatu masalah yang cukup mendesak. Peserta didik cenderung mencari identitas dirinya dan menimbulkan konflik dengan diri sendiri maupun lingkungan, terlebih lagi dengan bentuk fisiknya, rasa tidak percaya diri, perasaan rendah diri dan rasa tidak aman (Insecure). Dalam hal ini, perlu ada upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi fenomena tersebut, agar siswa dapat mengatasi rasa cemas dan khawatir dalam dirinya. Bimbingan dan Konseling sangatlah berperan penting untuk membantu individu dalam mengembangkan dirinya secara optimal, salah satunya dengan Expressive Writing Therapy menggunakan media Tik-tok. Media Audio Visual seperti Tik-tok sangat cocok untuk kaum millienial, sehingga media ini bisa dijadikan sebagai referensi pendukung layanan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Expressive Writing Therapy menggunakan media Tiktok dalam menurunkan tingkat kecemasan akibat perasaan tidak aman (Insecure). Metode penelitian yang dipilih adalah Eksperimen kuantitatif. Sebelum subjek diberikan treatment nilai rata-rata sedang dan tinggi, kemudian setelah diberikan treatment yang dilakukan kepada seluruh subjek berubah dari yang sedang menjadi rendah dan tinggi menjadi sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh Expreesive Writing Therapy menggunakan media Tik-tok dalam menurunkan tingkat kecemasan akibat perasaan tidak aman (Insecure) yang ditunjukkan dengan analisis uji Wilcoxson Signed Ranks Test. Sig (2-tailed) bernilai 0.043. Sebagaimana melihat pada proses pengambilan keputusan hipotesis, nilai 0.043 lebih rendah dari pada 0.05. Berdasarkan hasil penelitian diketahui adanya penurunan rata – rata sebesar 17.2. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Tangerang.
Penyesuaian Diri pada Perempuan Voluntary Childless (Keputusan untuk Tidak Memiliki Anak Secara Sukarela) Fitri, Lailathul; Rahmawati, Rahmawati; Prabowo, Arga Satrio
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji mengenai penyesuaian diri yang dilalui oleh perempuan voluntary childless, melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Narasumber yang menjadi subjek pada penelitian ini berjumlah 3 orang perempuan yang memilih secara sadar untuk hidup tanpa anak. Dengan penentuan narasumber menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan 33 item pertanyaan terkait penyesuaian diri menurut Schneiders. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan member chcek. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data (display data), serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan voluntary childless memiliki penyesuaian diri yang ditunjukkan dengan adanya pengontrolan emosi yang wajar dalam merespon penolakan yang terjadi saat ini. Tidak ditemukan adanya mekanisme pertahan diri sebab perempuan voluntary childless memilih keputusannya secara sadar untuk hidup bebas anak, dukungan dari orang terdekat mampu meminimalisir frustasi personal pada perempuan voluntary childless. Selain itu perempuan voluntary childless pun senantiasa mengevaluasi diri dalam merespon penolakan yang terjadi sehingga pengalaman di masa lalu mampu dimanfaatkan secara baik, perempuan voluntary childless menunjukkan sikap yang realistis dan objektif dengan memahami esensi dari kebermilikan seorang anak sehingga tidak mudah untuk menghakimi keputusan orang lain yang berbeda darinya, selanjutnya dalam pengarah dirinya perempuan voluntary childless mampu merumuskan perencanaan masa depan yang positif yang didukung oleh latar belakang rasional untuk memutuskan menjadi voluntary childless.
Pengembangan Media Komik Digital Mengenai Pendidikan Seksual untuk Siswa Sekolah Dasar Sepian, Aulia Dwi; Afiati, Evi; Prabowo, Arga Satrio
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik digital tentang pendidikan seksual untuk siswa sekolah dasar. Metode Penelitian yang digunakan adalah Researh and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan, diantaranya analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Partisipan peneletian untuk studi pendahuluan ini sebanyak 56 siswa, sedangkan untuk uji coba terbatas menggunakan 20 siswa dengan nilai terendah. Peneliti melakukan assessment untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap pendidikan seks, hasilnya menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap pendidikan seks masih rendah, dapat dilihat dari data asesmen yang di bagi kedalam tiga kategori (tinggi, sedang, rendah), tidak ada satupun siswa yang memiliki pemahaman dengan kategori tinggi. Maka dari itu peneliti mencoba mengembangkan media komik digital pendidikan seksual untuk siswa Sekolah Dasar. Hasil uji kelayakan dilakukan oleh peneliti terhadap produk memperoleh kategori “Layak” dengan nilai sebesar 79,18%. Pada uji media memperoleh nilai 76,0%, uji kelayakan ahli materi sebesar 82,2%, uji ahli praktisi sebesar 78,3 dan uji kelayakan bahasa memperoleh nilai 80,0%. Hasil uji coba terbatas yang dilakukan kepada 20 orang siswa menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media komik digital terhadap peningkatan pemahaman siswa di SD Negeri 2 Bayah Barat. Artinya pengembangan media komik digital tentang pendidikan seksual pada anak sekolah dasar yang telah disusun oleh peneliti layak untuk diimplementasikan kepada siswa.
Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi untuk Memberikan Pemahaman Mengenai Pernikahan Dini Sundari, Siti; Dalimunthe , Raudah Zaimah; Wibowo , Bangun Yoga
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bimbingan kelompok teknik diskusi untuk memberikan pemahaman mengenai pernikahan dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan modul yang layak serta efektif untuk digunakan. Modul dirancang untuk menjadi panduan guru bimbingan dan konseling serta memberikan pemahaman mengenai pernikahan dini kepada siswa. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Dilakukan need assessment pada sampel sebanyak 149 siswa kelas VII SMPN 1 Malingping dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu uji validitas produk kepada ahli media dan materi, ahli bahasa dan ahli praktisi. Uji coba produk dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan memberikan layanan yang terdapat dalam modul kepada 34 siswa. Adapun hasil uji kelayakan yang telah dilakukan memperoleh hasil rata-rata 90,27% atau modul bimbingan kelompok teknik diskusi untuk memberikan pemahaman mengenai pernikahan dini termasuk pada kategori sangat layak dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling.
Pengembangan Media Informasi Permainan Ular Tangga untuk Mereduksi Kecanduan Game online pada Peserta Didik Sekolah Dasar Putri, Agustia Rizqina; Afiati , Evi; Rahmawati, Rahmawati
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media informasi permainan ular tangga untuk mereduksi kecanduan game online pada peserta didik sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). penelitian dan pengembangan yang dilakukan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Studi pendahuluan pada penelitian ini adalah wawancara yang dilakukan bersama pihak guru dan studi dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu uji validitas produk kepada ahli media, ahli materi dan ahli praktisi, serta 10 siswa yang terlibat dalam uji coba produk. Adapun teknik analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi memperoleh rata-rata persentase sebesar 86,8% yang berarti produk ini mendapatkan kategori sangat layak. Uji kelayakan produk menghasilkan skor sebesar 82,5% pada kelayakan isi, 81% pada kelayakan penyajian dan kelayan bahasa sebesar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan
Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Creative Problem Solving (CPS) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Pre Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Warunggunung Tahun Ajaran 2022/2023 Nurafifah, Nurafifah
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i1.17

Abstract

Perkembangan kemampuan berpikir kreatif siswa telah menjadi hal yang sangat diperhatikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik creative problem solving dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Negeri 1 Warunggunung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-ekperimen. Penelitian ini melibatkan 30 partisipan yang dibagi kedalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Hasil Penelitian menunjukan terdapat penurunan nilai hasil post-test pada kelompok eksperiman setelah diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik creative problem solving (CPS). Hasil uji Mann Whitney adalah 0,253, nilai tersebut >0,05 yang memiliki arti penolakan terhadap hipotesis. Maka tidak terdapat pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMA N 1 Warunggunung. Setidaknya ada dua faktor yang mempengaruhi hasil penelitian ini. Faktor pertama yaitu, penggunaan metode eksperimen pada penelitian sosial dan pendidikan akan dihadapkan pada permasalahan yang menyangkut partisipan penelitian salah satunya interaksi manusia dan lingkungan atau dengan manusia itu sendiri, faktor kedua yaitu pada saat penelitian berlangsung berada pada situasi penilaian tengah semester dimana adanya beberapa partisipan yang masih diberikan panggilan untuk menyelesaikan dan menuntaskan nilai yang belum tuntas sehingga banyak memecah konsentrasi partisipan ketika pemberian perlakuan, dan ada pula beberapa partisipan yang diberikan panggilan untuk menuntaskan permasalahan pribadinya oleh wali kelas sehingga partisipan ketika mengisi lembar kuisioner secara terburu-buru dan tidak berkonsentrasi penuh sehingga memperoleh skor yang bisa dikategorikan rendah dan sedang.
Hubungan kecanduan game online mobile legends terhadap perilaku trash talking Ramadhan, Ridwan Fajar; Dalimunthe, Raudah Zaimah; Conia, Putri Dian Dia
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i2.18

Abstract

Kacanduan game internet memiliki hubungan dengan perilaku trash talking. Adanya dampak dari game secara positif atau pun negative seperti efek adiktif bagi para penggemar. Variasi yang ada dalam permainan membuat daya tarik yang kuat untuk terus bermain serta hasil belajar siswa yang turun menjadi hal yang disayangkan karena dampak dari kecanduan Game Online. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 45 siswa dan menggunakan metode penelitian korelasional. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 84% siswa kelas X TKJ 1 kecanduan terhadap game online dan 73% melakukan perilaku trashtalking. Hasil uji korelasi didapat nilai R sebesar 0,454 yang artinya terdapat hubungan antara kecanduan game online dengan perilaku trash talking. Terdapat kontribusi kecanduan game online terhadap perilaku trash talking sebesar 0,560 yang artinya kecanduan game online mmempengaruh 56% peirlaku trash talking, 44% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.
Pengembangan Buku Panduan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Istiqomah, Safarotunnajah; Afiati, Evi; Handoyo, Alfiandy Warih
Diversity Guidance and Counseling Journal Vol. 1 No. 2 (2023)
Publisher : Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30870/diversity.v1i2.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik permainan tradisional untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov (Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan) yang terdiri dari 5 tahap, yakni: 1) Analisis produk yang akan dikembangkan 2) Pengembangan produk pertama 3) Verifikasi dan revisi profesional 4) Uji coba dan revisi skala kecil 5) Produk akhir dan uji lapangan ekstensif. Pengumpulan data dengan penyebaran angket kepada 10 guru kelas/pendamping dan penilaian produk kepada 2 ahli yaitu ahli materi, media, dan bahasa. Adapun prosedur penelitian yang peneliti lakukan dibatasi sampai uji coba skala kecil dan revisi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Diperoleh hasil sebagai berikut : 1) Data kualitatif hasil dari uji validasi dari ahli materi, media, dan bahasa yaitu perlu adanya perbaikan cover, penambahan poin hak cipta, pendahuluan, cara penggunaan buku, pemecahan permainan ke dalam perilaku yang diinginkan, uraian permainan tradisional dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku prososial anak, dan keefektifan kalimat. 2) Data kuantitatif hasil uji validasi dari ahli materi, media, dan bahasa diperoleh hasil rata-rata sebesar 72% yang berarti buku panduan dikategorikan layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria kelayakan buku panduan. Hasil uji coba respon kelayakan produk dengan Guru TK Wildan Kota Serang diperoleh hasil rata-rata sebesar 90% yang berarti buku panduan dikategorikan sangat layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria kelayakan buku panduan.